Buah – Buahan lezat Italia: Vesuvian Apricot PGI

Melihat lebih dekat variasi aprikot yang berkualitas: ikon otentik meja musim panas, Aprikot Vesuvian memperoleh Indikasi-geografis Terlindungi.

Vesuvian Apricot PGI (Albicocca Vesuviana IGP) adalah salah satu varietas terbaik aprikot Italia. Kelihatannya seperti apel kuning orang bulat kecil dengan permukaan beludru, dan memiliki permukaan sedikit berbintik-bintik mirip dengan bintik-bintik kemerahan.
Aprikot dari daerah Campania ini, di Italia Selatan, sangat berharga karena manisnya dan musim pendeknya hanya beberapa bulan di mana buah yang menyenangkan ini tersedia. Selain itu, tidak ada rumah kaca yang akan memberi kita aroma penuh aprikot matang yang baru saja diambil dari pohon: tidak ada yang bisa lebih mewakili musim panas.

  • Kapan Aprikot  Terkenal


    Aprikot tampaknya diperkenalkan ke Italia oleh Romawi Kuno yang membawa mereka keluar dari Yunani. Salah satu varietas pertama yang dibudidayakan di tanah Italia masih tumbuh di lereng subur Vesuvius, gunung berapi aktif yang mendominasi Napoli. Kehadiran aprikot didokumentasikan sejauh abad ke-1 Masehi dalam tulisan Pliny the Elder dan pada tahun 1583 ilmuwan Neapolitan Gian Battista Porta menggambarkan pembudidayaan buah ini yang membedakan Bericocche dengan bentuk bulat dan daging putih mereka dari Chrisomele, Dengan daging kuning bergula. Istilah yang terakhir berarti ‘apel emas’ dan, dalam dialek Neapolitan, “Crisommole” telah menjadi sinonim untuk aprikot.

  • Dimana Perkebunan Aprikot


    Tanah vulkanik yang sama dengan kekayaan mineral dan potassium ini membantu mengembangkan rasa varietas aprikot ini, yang memungkinkannya memperoleh status PGI (Induced Geographical Indication). Sebenarnya, denominasi POM Apricot Vesuvian mencakup sekitar 100 varietas kuno, yang semuanya asli dan tumbuh di kawasan Taman Nasional Vesuvius. Bagian Italia ini meningkatkan volume aprikot terbesar di negara ini dengan kebun apel aprikot seluas 2.000 hektar, menjadikan Italia penghasil nomor satu buah ini di seluruh Komunitas Eropa.
    Beberapa nama yang diberikan pada varietas yang berbeda seringkali cukup lucu namun masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal ukuran, aroma dan rasa.

Dua varietas pada khususnya mewakili ekstrem yang berlawanan dalam hal selera: kemanisan Pellecchiella di satu sisi dan aroma asam dari varietas Vitillo.

  • Cara Produksi Aprikot

    Aprikot Vesuvius PGI sangat berharga karena panen mereka berlangsung tidak lebih dari 40/60 hari. Ini dimulai dari dekade pertama bulan Juni dan berlangsung sampai akhir Juli untuk beberapa varietas. Ia menyukai panas dan mampu menahan kekeringan namun menderita kelembaban, seperti pada kasus akhir embun beku.
    Di daerah yang dingin, pohon aprikot harus ditanam di tempat-tempat terlindung yang cerah. Mereka tumbuh di semua jenis tanah, bahkan yang berkapur. Perlu menunggu dari 2 sampai 4 tahun untuk mendapatkan panen yang baik. Pohon itu harus dipangkas dengan moderasi di musim semi, diikuti oleh pemangkasan ringan di musim panas. Tidak diperlukan perawatan pestisida yang signifikan untuk menjaga agar tanaman tetap sehat.

  • Cara menikmati Albicocca Vesuviana IGP yang terbaik

    Sebagian besar produksi ditakdirkan untuk dikonsumsi sebagai buah segar. Bagaimanapun aprikot harus disimpan di lemari es. Mereka harus dipetik dan ditinggalkan di tempat yang sejuk sampai mereka dimakan. Orang puritan tidak mencuci mereka tapi hanya menyekanya dengan lembut dengan kain lembab.

Karena kerapuhannya, sebagian besar produksi diproses sebagai nektar dan bubur kertas. Jumlah yang lebih kecil digunakan untuk membuat selai, kering dan manisan buah, dan jumlah yang sangat kecil diubah menjadi produk beku atau diawetkan dalam sirup. Di seluruh Italia, adalah praktik umum untuk membuat selai aprikot buatan rumah, karena banyak kebun, dari utara sampai selatan semenanjung, tumbuh aprikot.

Koki pastry Alfonso Pepe telah menciptakan sebuah panettone yang penuh dengan varietas Pellechiella, ratu aprikot Vesuvia. ‘”Apricotattura” adalah istilah yang digunakan dalam pembuatan kue Italia yang mengambil namanya dari aprikot dan terdiri dari menyikat permukaan kue dengan selai aprikot, seperti pada Sachertorte yang terkenal. Rasa mereka yang sedikit asam membuat aprikot sempurna sebagai ramuan dasar untuk mengiringi daging merah. Bahkan kernel pun digunakan dalam pembuatan kue kering dalam bentuk esensi, karena rasanya sangat pahit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *